7 fitur arsitektur hunian minimalis yang perlu Anda ketahui

Di Indonesia tidak sulit menemukan desain interior minimalis. Secara umum, desain interior minimalis ini digunakan untuk rumah di pusat kota. Konsep minimalis ini berfokus pada desain bangunan yang memenuhi kebutuhan utama penghuni rumah. Bentuknya geometris dan tidak memiliki perhiasan.

Apakah Anda punya ide tentang penampilan dan bentuk arsitektur hidup minimalis? Ayo, simak penjelasan Kania berikut tentang fitur arsitektur hunian minimalis!

1. Apa itu arsitektur hidup minimalis?
Fitur Arsitektur Rumah Minimalis Butuh Tahuarchdaily.com

Meskipun sangat populer, banyak yang tidak tahu apa sebenarnya desain interior minimalis itu? Arsitektur minimalis adalah jenis arsitektur yang unsur-unsurnya didasarkan pada frase less is more. Konsep kesederhanaan dicapai dengan bentuk geometris dasar yang sederhana, elemen tanpa dekorasi, penggunaan bahan sederhana dan pengulangan struktur bangunan yang tampak tertata tetapi tidak kehilangan karakteristik penting dari desain itu sendiri.

Arsitektur Rumah MinimalisarchitectureDigest.com

Dalam desain interior, interior minimalis tidak diragukan lagi jenis desain di mana fungsionalitas diutamakan. Misalnya, desain interior minimalis biasanya menggunakan elemen tanpa dekorasi. Misalnya, gelas besar tanpa hiasan, untuk memudahkan cahaya alami di dalam ruangan.

Arsitektur rumah minimalis 1980idolza.com

Itu menjadi populer di London dan New York pada akhir 1980-an. Desain interior minimalis yang sama merupakan respons terhadap proyek arsitektur sebelumnya, yang dianggap rumit. Arsitek, yang memainkan peran penting dalam desain interior minimalis, adalah Ludwid Mies van der Rohe dan Le Corbusier.

Ide asli untuk desain interior minimalis ini berasal dari budaya Zen di Jepang! Budaya Zen itu sendiri identik dengan kesederhanaan. Orang Jepang suka menerapkan budaya ini pada bangunan dan desain estetika.

2. Arsitektur hunian minimalis biasanya memiliki bentuk geometris tanpa hiasan
7 fitur arsitektur hunian minimalis Anda memerlukan Tahuloversiq.com

Kesederhanaan arsitektur hunian minimalis juga tercermin dalam bentuk umum bangunan. Dilihat dari luar, rumah minimalis memiliki bentuk geometris seperti persegi panjang atau kubus. Atapnya tidak segitiga, tapi datar.

Fasad dari desain interior minimalis, berbeda dengan fasad interior lainnya, seperti arsitektur rumah-rumah bergaya Eropa, dibangun tanpa dekorasi. Dalam contoh di atas, fasad arsitektur hunian minimalis dibiarkan kosong dan hanya ditutupi dengan cat putih. Juga, area jendela tidak memiliki detail yang rumit. Hanya ada jendela persegi dengan bingkai sederhana, tetapi tahan lama dan bisa melindungi kaca jendela.

3. Memiliki ruang kosong dan fokus pada fungsi
Desain interior minimalis Buka Spaceualhouse.com

Secara umum, arsitektur rumah minimalis memiliki tata letak yang sangat sederhana dan efisien. Denah lantai biasanya terbuka tanpa isolasi dinding antara kamar dan ruang penyimpanan sederhana.

Juga, furnitur yang digunakan sangat sederhana dan apa adanya. Misalnya, untuk ruang keluarga hanya ada sofa, meja kopi, dan mungkin peserta pameran. Bentuknya tidak rumit oleh banyak dekorasi, karena desain interior minimalis mengutamakan fungsi.

Arsitektur domestik minimalis ruang terbuka Freshome.com

Kamar-kamar dalam arsitektur hunian minimalis terbuka, kurangnya furnitur minimalis membuat ruangan tampak besar, bahkan jika pangkalannya relatif sempit. Tidak heran jika arsitektur hunian minimalis sangat populer sebagai gaya hidup pusat kota.

3. Arsitektur hidup minimalis menggunakan bahan konstruksi sederhana dengan hasil maksimal
arsitektur minimalis oleh materialarchitecturebeast.com

Telah diketahui bahwa arsitektur ruang tamu minimalis selalu menggunakan bahan bangunan sederhana yang sudah tersedia. Biasanya bata jenis ini digunakan untuk membangun tembok. Kayu atau keramik digunakan sebagai bahan untuk desain lantai. Beberapa rumah juga menggunakan bahan bangunan lain seperti kaca, beton dan baja. Bahan bangunan sederhana ini akan memancarkan pesona sambil menyoroti sifat bahan bangunan.

Hasil akhirnya tidak serumit arsitektur rumah lainnya. Untuk dinding, hasil akhir diperoleh dari proses Aci. Bagian lantai hanya ditutupi dengan keramik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *